Pastikan 8 Tips Ini Untuk Mendulang Rupiah dari Internet!

Bennyberbagi.com – Siapa bilang penghasilan online susah dari Internet. Nih ane kasih 8 tips bagaimana cara mendulang recehan rupiah dari internet. Intinya harus fokus deh,… heheh.. Yuk langsung simak..

Bisnis Online via http://www.feinternational.com

Apa hubungan antara bisnis dan smartphone? Smartphone pada masa kini sangat lekat dengan keseharian kamu. Setiap menit kamu bisa memantau apa yang sedang terjadi pada teman atau bahkan yang sedang terjadi di seberang dunia sana. Nah, kemungkinan update yang begitu cepat ini sangat bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis.

Semua media sosial kini bahkan digunakan untuk ajang promosi atau iklan barang dagangan. Tak jarang akun-akun artis menjadi korban dari komentar para pedagang yang sedang mencari follower. Jika kamu sedang berpikir untuk membuat bisnis baru atau mulai lelah karena rutinitas kerja dan ingin menjadi bos bagi dirimu sendiri, yuk mulai merintis bisnis dari sekarang.

Tapi, karena undang-undang belum mengatur secara resmi penjualan atau bisnis online, kamu harus tanggap dengan etika tak tertulis saat berjualan secara online.

1. Gunakan Toko Online yang Resmi

Toko online resmi via blog.jaringanhosting.com

Toko online resmi disini adalah website yang memang disediakan untuk berjualan secara gratis. Buatlah akun disana sesuai dengan peraturan yang berlaku. Patuhi semua syarat agar iklanmu tidak ditolak dan bisnismu lancar. Keuntungan menggunakan toko resmi ini adalah, kamu terdaftar secara legal di website itu, dan semua orang bisa mencari produkmu disana.

Selain itu, beberapa toko online  juga sudah  menyediakan rekening bersama. Memang sirkulasi danamu akan terhambat karena harus menunggu barang sampai di tujuan, namun konsumen akan merasa lebih aman bertransaksi denganmu karena merasa hak konsumen terjamin.

Di website itu kamu akan bertemu banyak kompetitor atau penjual barang yang sama dengan produkmu. Tak perlu khawatir rezeki tertukar ya. Ingat di dunia maya dan dunia nyata, semua tetap punya saingan. Jadi jangan berpikir untuk mengacaukan dagangan penjual lain dengan membuat review buruk atau menjatuhkannya dengan cara curang apapun. Semakin kamu mencoba curang, mungkin kesulitan juga akan menyusulmu.

2. Gunakan Foto Produk Sendiri

Foto produk sendiri via cronosal.blogspot.com

Kalau bisa, jangan gunakan foto dari internet apalagi mengambil dari toko online lain ya. Jika kamu menggunakan sistem dropship atau memang belum berani membeli barang dalam jumlah besar, mintalah izin pada toko langgananmu agar kamu bisa menggunakan fotonya untuk iklan.

Jika kamu sudah punya stock barang sendiri, mulailah memberikan watermark nama tokomu di setiap foto. Tujuannya adalah agar fotomu bebas dari pencuri serta sebagai bagian dari strategi pengiklanan. Semakin sering orang melihat nama tokomu, maka ketika ia membutuhkan barang yang biasa kamu jual, dia akan mencari dan menghubungi tokomu yang paling sering dilihatnya.

3. Pilih Foto Sebagus Mungkin

Foto demonstrasi produk via www.jilbabbranded.biz

Foto yang bagus membuat image penjual menjadi lebih baik. Siapa sih yang tidak suka melihat foto bagus? Toko online yang sudah besar dan terkenal biasanya membuat sesi foto khusus dengan model untuk semua barang yang dijualnya. Untuk kamu yang masih pemula, perhatikan kejelasan warna dan bentuk barang ya.

Cari tempat dan posisi dengan cahaya yang cukup sehingga foto terlihat mirip dengan barang aslinya. Jangan gunakan terlalu banyak filter karena akan membuat konsumen merasa terbohongi jika barang yang ia dapatkan tidak sesuai dengan foto yang kamu pakai.

4. Perhatikan Waktu Beriklan

Waktu yang tepat untuk iklan via www.tokopedia.com

Kamu pasti punya jam tertentu untuk sekadar mengecek timeline kan? Nah waktu-waktu seperti itu sangat cocok untuk dijadikan waktu iklan. Saat bangun tidur, istirahat kantor, sore hari ketika macet, dan malam sebelum tidur mungkin adalah waktu yang tepat untuk beriklan.

Namun untuk kamu yang sibuk, kamu bisa update iklan setiap jangka waktu tertentu agar kamu tetap ada di timeline pengikutmu. Beriklanlah setiap dua jam meskipun hanya satu iklan setiap kali upload.

5. Gunakan Beberapa Aplikasi Chat

Beberapa aplikasi chat via cw.iabc.com

Semakin banyak aplikasi chat, kamu akan semakin mudah dijangkau oleh konsumen. Konsekuensinya adalah kamu harus siap dengan RAM smartphone yang tangguh agar chat dari pelanggan dapat kamu respon dengan cepat. Saat ini bahkan ada aplikasi yang bisa membalas pesan secara otomatis saat kamu tidak berada di tempat atau sedang sibuk.

Solusi dari kemungkinan repot oleh beragam aplikasi adalah, saat kamu iklan jangan lupa katakan pada pelanggan untuk memilih satu aplikasi saja agar tidak double chat atau double order. Jelaskan bahwa jika mereka menghubungimu atau memesan barang dari beberapa chat karena ingin cepat dibalas, akan membuat pesanan mereka menjadi ganda atau tidak sesuai dengan yang diinginkan.

6. Jelaskan Cara Jual Beli Online Shopmu Dengan Jelas Pada Pelanggan

Jelaskan dengan sabar via dentalofficeinstitute.com

Kamu pasti menjumpai pembeli yang belum tahu cara bertransaksi dengan toko online. Kamu harus menerangkan dengan sabar cara memesan dan membayar pesanan mereka.Jika ingin melakukan COD (Cash On Delivery) mintalah nomor hp konsumen agar komunikasi lebih mudah, untuk mengantisipasi sinyal buruk ketika mengirim chat, padahal kamu sudah menunggu lama.

Jika kamu mengirim barang keluar kota, jangan lupa mencatat nomor resi dan mengirimkannya pada konsumen agar ia bisa mengecek sendiri paketnya sudah sampai mana. Pelayanan yang jelas dan transparan akan membuatmu jadi trusted seller, dan membuat konsumenmu ingin membeli lagi dari tokomu.

7. Harga Barang Harus Bersaing

Harga barang via www.paint-booths.com

Nah, ini kadang menjadi kunci keberhasilan dari penjualan online. Kamu harus cari tahu dulu barang yang sama dengan yang kamu jual punya standar berapa rupiah di toko offline maupun online.

Jika kamu sudah mengetahui harga dari kompetitor, pilihlah harga yang kamu rasa sudah menutup modal dan bisa memberi untung. Jangan terburu-buru menetapkan harga sebelum iklan ya, lebih baik kamu lihat dulu berapa harga yang sedang banyak digunakan. Siapa tahu kamu bisa jual dengan harga  sedikit lebih murah daripada penjual lain.

8. Gunakan M-Banking / Internet Banking

M-Banking dan internet banking via www.inwebo.com

M-banking adalah layanan yang ditawarkan hampir semua bank di Indonesia maupun di luar negeri. M-Banking membantumu mengetahui uang masuk dan uang keluar. Jika dalam sehari ada 10 pelanggan, terbayang kan repotnya harus bolak-balik ke ATM hanya untuk mengecek transfer dari konsumenmu.

Baca juga review situs rekomendasi : Vivagoal Situs Berita Sepak Bola Terkini

Dengan M-banking atau internet banking, kamu bisa mendapatkan sms pemberitahuan dari bank bersangkutan jika ada orang yang mengirim uang ke rekeningmu. Oiya, lebih baik kamu gunakan rekening atas nama pribadi, dan jangan berikan nama rekeningmu secara lengkap pada calon pembeli.

Akhir-akhir ini banyak oknum yang menipu penjual online shop dengan memalsukan bukti transfer. Kalau jumlahnya puluhan ribu mungkin kamu bisa ikhlas, namun jika jumlahnya jutaan pasti kamu akan sangat kecewa. Nah sebelum kamu kecewa lebih baik kamu berjaga dan menggunakan layanan pemberitahuan dari bank.

Di awal saat kamu membuka bisnis sendiri pasti memberikan banyak kesulitan bahkan membuatmu ingin menyerah. Namun, kamu harus ingat segala kesulitan pasti punya jalan keluar. Kamu akan menemukan masalah, lalu keluar dari masalah itu.

Baik toko online maupun offline,sebenarnya punya kemungkinan untuk ditipu oleh pembeli atau bahkan  supplier baru. Anggaplah itu sebagai ujian dari kesuksesanmu, serta bagian dari latihan untuk kehati-hatianmu.
Tetap semangat dan jangan cepat menyerah ya.

Tags: #Info Penghasilan online

author
Author: 
    No related post!

    Leave a reply "Pastikan 8 Tips Ini Untuk Mendulang Rupiah dari Internet!"

    Must read×

    Top